Selasa, 07 Desember 2010

tanggung jawab sosial perusahaan

Apakah perusahaan punya tanggung jawab moral dan sosial?
Ya, ada. Tanggung jawab sosial perusahaan dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya
Syarat bagi Tanggung Jawab Moral
Tindakan itu dijalankan oleh pribadi yang rasional, Bebas dari tekanan, ancaman, paksaan atau apapun namanya untuk melakukan suatu tindakan tertentu, dan orang yang akan melakukan tindakan tertentu itu memang mau melakukan tindakan itu tanpa adanya paksaan atau ancaman dari pihak lain.
Tanggung jawab sosial perusahaan hanya dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya, jika perusahaan itu tidak mendatangkan keuntungan yang besar, maka tanggung jawab sosial dari perusahaan tersebut tidak dapat diukur.
Jika ada anggapan bahwa perusahaan tidak punya tanggung jawab moral sama saja dengan mengatakan bahwa kegiatan perusahaan bukanlah kegiatan yang dijalankan oleh manusia, karena tanggung jawab moral perusahaan itu dijalankan oleh satf manajemen, dan tanggung jawab legal tidak dapat dipisahkan dari tanggung jawab moral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar